KUNJUNGI PULA:    MALEO   GALLERY  

Thursday, August 31, 2006

"Menularkan" Virus mengamati burung

Jika kita mendengar ada orang yang ketularan virus, secara otomatis pikiran kita akan membayang hal-hal yang mengerikan (seperti contoh virus HIV atau virus Flu burung). hiiiii...amit-amit, jangan sampai deh...

Tapi virus yang ini lain.
Begitu diumumkan, orang-orang malah berbondong-bondong untuk ikut "ditularkan". Lha...koq gitu?
Iya, karena virus yang ini beda.
Begitu diumumkan, spontan saja para penggiat alam bebas, seperti: Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA), dan Keleompok Pencinta Alam yang ada di Gorontalo berlomba-lomba mendaftarkan diri untuk itu kegiatan Pelatihan Identifikasi Satwa yang di selenggarakan oleh Pusat Informasi Konservasi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (PIK TNBNW) dan Dewan Mitra Pengelola Taman Nasional Nogani Nani Wartabone.

Mulai dari tanggal 10-12 Maret 2006 lalu, berlokasi di Tempat wisata permandian air panas Lombongo-Suwawa, Kab. Bone Bolango, Gorontalo, kegiatan pelatihan indentifikasi satwa mulai dilaksanakan. Kegiatan yang disupport sepenuhnya oleh Wildlife Conservation Society-Indonesia Program ini dimaksudkan untuk mempromosikan potensi dan keunikan satwa Sulawesi dan membina generasi muda yang mampu melindungi dan melestarikan keanekaragaman hayati pulau Sulawesi. Lebih dari pada itu, diharapkan para pencinta alam tidak hanya sekedar mendaki gunung, camping di alam bebas, tatapi ada nilai plus yang diperoleh dan dibawa pulang selama berkegiatan di alam bebas.

Karena keterbatasan yang ada, sehingga peserta dibatasi tidak lebih dari 25 orang. Semua peserta berasal dari berbagai organisasi kepecintalaman yang ada di Gorontalo, seperti: Mapala-Mapala di Universitas Negeri Gorontalo, Mapala Universitas Ikhsan Gorontalo dan beberapa Kelompok Pencinta Alam yang berada di Gorontalo.

Sesi pelatihan yang mendapat antusiasme lebih dari para peserta adalah Sesi Pengamatan Burung. Setelah mendapat pembekalan bagaimana mengamati burung yang baik dari para Tutor yang berpengalaman, para peserta yang telah di bagi ke dalam beberapa kelompok mulai menerapkan ilmu yang telah mereka peroleh dan mulai berlomba membuat daftar burung sebanyak-bayaknya. Kepada kelompok yang telah berhasil membuat daftar burung terbanyak, oleh panitia diberikan reward berupa poster burung. Kepada seluruh peserta pula telah dibagikan sebuah buku petunjuk "Bagaimana Mengamati Burung"

SELAMAT MENGAMATI BURUNG TEMAN-TEMAN
TULARKAN VIRUS MENGAMATI BURUNG INI KEPADA TEMAN/KERABAT/KELUARGA TERDEKAT KALIAN

dan semoga akan muncul pengamat-pengamat burung handal dari Gorontalo



1 Suara burung:

Anonymous Mbilung said...

Inspiratif ... tularkan terus!!!

11:05 AM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home